Halaman

Sabtu, 05 November 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK TUGAS 3

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



Ciri Perkembangan- Progresif, Continue

- Sistematis              : Saling ketergantungan
- Progresif                : Maju,Meningkat, Mendalam
- Berkesinambungan: Perubahan pada bagian organisme selalu beraturan

- Terjadinya perubahan Aspek Fisik dan Psikis (kemampuan berfikir) mengingat
- Terjadinya perubahan dalam proporsi fisik dan psikis (imajinasi realitas)
- Hilang tanda- tanda anak -anak
- Perolehan tanda baru

ERIK ERIKSON:
Teori Perkembangan Psikososial

- Fase Bayi          (0-1 tahun) : Mulut
- Fase anak-anak (1-3 tahun) : Kontrol
- Usia Bermain    (3-6 tahun)
- Usia Sekolah     (6-12tahun)
- Dewasa Awal    (20-30tahun)
- Usia Tua            (65 tahun )

TEORI PERKEMBANGAAN PSIKOSEKSUAL:
SIGMUND FREUD

1. Tahap Infantil (0-5 tahun) : Pembentukan kepribadian tahap paling menentukan dalam membentuk      kepribadian
  
    1.1 Fase Oral (0-1 tahun) : Mulut menjadi sumber kenikmatan utama
    1.2 Fase Anal (1-3 tahun) : Kenikmatan anak adalah memahami dan bermain dengan fungsi anal
    1.3 Fase Falis (3-5/6 tahun)

2. Tahap Laten (5-12 tahun)

3. Tahap Genital (12 tahun)
     Masa Pubertas- Alat- alat genital yang mulai berfungsi lebih sempurna menjadi perhatian utama

TEORI PERKEMBANGAN KOGNISI- JEAN PIAGET


1. Sensori Motori (0-2 tahun)
    - Pengetahuan anak diperoleh melalui interaksi fisik : Menggenggam, memukul, menghisap

2. Pra-Operasional (2-6 tahun)
    -Simbol-simbol mulai dikuasai oleh anak

3. Operasi Konkret (6-11 tahun)
    - Sudah bisa membentuk operasi-operasi mental atau pengetahuan yang mereka miliki:
       dapat memecahkan masalah secara logis

4. Operasi Formal (11 tahun- Dewasa)
    -Operasi mental tingkat tinggi remaja dan orang dewasa dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa abstrak atau hipotesis (perkiraan-perkiraan)

Tidak ada komentar: