Halaman

Jumat, 16 Desember 2016

PROFESI PENDIDIKAN, TUGAS 6

GURU YANG UP-TO DATE

Saat kata kreatif digabungkan dengan kata “guru”, maka mau tidak mau harus bisa mengidentifikasi atau mendeskripsikan istilah tersebut.
Kata “kreatif” berasal dari bahasa Inggris, dari kata “create” yang berarti membuat, mencipta, mendesain. Sedangkan istilah “guru” pasti merujuk pada seseorang yang bekerja di sekolah;orang yang mengamalkan pengetahuannya; atau orang yang berinteraksi dengan siswa dalam konteks pembelajaran. Jadi guru kreatif adalah guru yang mampu mengekplorasi segenap kemampuannya untuk menciptakan hal-hal baru, dinamis, untuk tujuan peningkatan kemampuan dalam mengajar dan pembelajaran.

Ada beberapa tips, atau cara supaya kita sebagai guru bisa dikatakan sebagai guru kreatif, yaitu:

 1. MEMAHAMI DAN MENGUASAI MATERI PELAJARAN


Seyogyanya, guru memang harus faham dan menguasai materi yang akan disampaikan di kelas. Memahami, tidak cukup hanya faham garis besar materi, tetapi  harus memahami secara detail materi berikut aspek-aspek yang berhubungan dengannya. Setiap materi pelajaran selalu berhubungan dengan kajian lainnya. Contoh: Memahami materi tentang  sejarah  suatu tempat, maka juga tidak bisa melupakan aspek budaya dan ekonomi daerah tersebut. Begitu pula, saat guru membahas tentang “pariwisata” tidak bisa lepas dari aspek “bahasa dan budaya” .
Karena satu tema saling berkaitan dengan tema lainnya. Sedangkan Menguasai materi pelajaran berarti, guru tidak hanya faham komponen-komponennya, tetapi mampu menyampaikan kembali secara jelas, kepada siswa/siswi nya, sehingga mereka bisa menangkap garis besar materi pelajaran yang sampaikan oleh guru secara mudah, sehingga siswa bisa membangun atau menggabungkan antara pengetahuan yang telah mereka miliki dengan materi yang sedang dipelajari.

 2. KAYA REFERENSI

Guru kreatif harus memiliki banyak referensi atau buku dan sumber rujukan. Referensi bisa diperoleh dari berbagai sumber; bisa diperoleh dari berbagai jenis buku yang  relevan dengan materi yang diajarkan. Dapat pula diperoleh dari internet (e_Book dan artikel) dan lain sebagainya. Jangan pernah merasa jadi manusia yang supertahu, karena tidak mungkin guru bisa serbatahu kalau tidak rajin membaca, atau browsing. Jangan salah, siswa-siswa sekarang, berbeda dengan jaman dulu, siswa sekarang lebih pandai dalam menelusuri berbagai informasi terutama dalam mengakses informasi dari internet. Jiwa dan rasa ingin tahunya sangat tinggi, apalagi teknologi sekarang menyediakan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi seperti penggunaan Internet di Handphone. Oleh karena itu, jadilah guru yang selalu mengupdate pengetahuannya setiap hari atau setiap waktu layaknya program komputer yang perlu salalu update untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekarang.


 
3.MENGUASAI TEKNOLOGI KOMPUTER

Di jaman modern seperti sekarang ini, sepertinya terlihat aneh jika guru tidak kenal komputer dan internet. Komputer sebagai sarana yang paling efektif dan sangat relevan jika digunakan untuk kegiatan pembelajaran, terutama pelajaran TINKOM. Mau tidak mau aplikasi dan program komputer sangat dibutuhkan supaya siswa dapat secara langsung mengerti dan memahami seluk beluk Komputer. Hal ini berkaitan dengan prinsip belajar “
learning by doing” yakni belajar sambil mempraktikkannya. Internet atau yang lebih di kenal istilah anak muda sekarang “Mbah Google” menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya, terutama guru yang ingin jadi kreatif.  Selain itu, Pemanfaatan komputer bagi guru, yakni membuat berbagai perangkat pembelajaran mulai dari pembuatan RPP, Silabus, program tahunan, program semester, analisis pekan efektif, analisis nilai, supaya lebih praktis dan efektif. Begitu pula dalam penyampaian materi di kelas, guru dapat menggunakan power point (slide share) agar terlihat lebih menarik dan siswa mudah memahami pokok-pokok materi pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu membuat power pointsendiri dan menggunakan internet sebagai sumber informasi dan publikasi.

4.  MEMILIKI EMAIL, WEB/BLOG DAN FACEBOOK ATAU MEDIA SOSIAL YANG LAIN

Sebagai guru kreatif, tentunya wajib memiliki Email atau yang di kenal sebagai surat elektronik. email berfungsi layaknya surat pada jaman dulu yakni menyampaikan pesan singkat kepada orang lain (receiver). Kalau dulu surat ditulis dengan tangan menggunakan pena di atas kertas, laludikirimkan melalui via kantor post, tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Semakin banyak tulisannya yang termuat dalam surat, semakin besar pula biayanya. Namun berbeda dengan e-mail dalam hitungan detik surat yang kita kirimkan melalui aplikasinya,  dapat sampai pada orang yang kita tuju. Selain itu, kita juga bisa melampirkan beberapa dokumen penting yang bisa dimasukkan ke folder khusus, sebagai lampiran dari pesan singkat kita. Manfaat lain dari email adalah bisa berwisata dengan kawan-kawannya yang jauh dan sulit terjangkau.
Web atau blogadalah aplikasi yang disediakan oleh google untuk sarana menuangkan berbagai informasi di sebuah situs yang kemudian bisa di share ke public atau masyarakat umum. Guru kreatif tentunya, memiliki ide-ide kreatif dan gagasan yan brillian terkait dengan materi pelajaran. Maka melalui web/blog, seorang guru dapat menuangkan ide-idenya supaya kemampuan berpikirnya semakin berkembang dan tidak statis. Dengan menulis di web/ blog seorang guru akan lebih tertantang untuk lebih banyak membaca, sehingga pengetahuannya semakin bertambah. Jika pengetahuannya bertambah, maka  penyakit pikiran (kebuntuan berpikir) bisa dihindari. Sehingga tekanan stress yang terkadang melanda guru akibat pekerjaannya dapat terobati dengan cara menulis gagasan dan idenya di web/blog. Selain itu, jika guru juga dapat memposting tugas-tugas pelajaran  melalui web/blog, sehingga hal ini juga mendorong dan memotivasi siswa untuk bisa menguasaikomputer dan internet. Sekaligus memberi pemahaman secara langsung pada siswa apa itu email, web/blog dan lain sebagainya. facebook yang dikenal dengan istilah media jejaring sosial adalah aplikasi yang saat ini paling popular di kalangan masyarakat terutama kaum remaja. Tentunya sebagai guru kreatif, harus mempunyai akun facebook dan memanfaatkannya terkait dengan kegiatan pembelajaran. Di akui atau tidak sebagian besar siswa di seluruh Indonesia memiliki akun facebook. Karena dengan akun ini mereka dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang pernah dikenal, tapi berjauhan, bahkan orang yang belum pernah di kenalpun bisa di add di akun facebook.  Dengan jumlah anggota yang terdiri dari banyak siswa, tentunya seorang guru bisa menyampaikan gagasan atau ide cemerlang atau kata-kata bijak yang mengandung nilai-nilai sosial, spiritual, budaya dan lain sebagainya di tempat yang sudah tersedia dalam akun facebook. Oleh karena itu, tidak ada “kata buang-buang waktu”,kalau guru mampu memanfaatkan aplikasi facebook dengan hal-hal positif. Guru juga bisa membagikan berbagai informasi melalui facebook kepada siswanya, mungkin tentang sejarah, atau tokoh-tokoh penting di dunia, atau tentang budaya-budaya yang unik dan menimbulkan inspirasi bagi siswa dan pembacanya.

5. PLPG
Kegiatan pelatihan bagi guru pada dasarnya merupakan suatu bagian yang intergral dari namajemen dalam bidang ketenagaan di sekolah dan merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru sehingga pada gilirannya diharapkan pada guru dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Dengan kata lain, mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas kinerjanya.
Penyelenggaraan program pelatihan dapat bermanfaat baik untuk sekolah maupun guru. Menurut sondang siagia (1997:183-185) manfaat pendidikan dan pelatihan sekolah setidaknya terdapat tujuh manfaat yang dapat dipetik, yaitu (1) peningkatan produktivitas kerja sekolah  sebagai keseluruhan; (2) terwujudnya hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan ;(3)terjadinya proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat;(4)meningkatkan semangat kerjaseluruh tenaga kerja dalam organisasi dengan  komitmen organisasional yang lebih tinggi;(5) mendorong sikap keterbukaanmanajemen melalui penerapan gaya manajerial yang partisipatif;(6)memperlancar jalannya komunikasi yang efektif;dan (7)penyelesain konflik sacara fungsional.
Sedangkan manfaatnya pelatihan bagi guru, diantaranya(1)membantu para guru membuat keputusa denga lebih baik ;(2)maningkatkan kemampuan para guru  menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi ;(3) terjadinya internalisasi dan operasionalisasi faktor-faktor motivasional  ;(4) timbulnya dorongan dalam diri guru untuk terus meningkatkan kemampuan kerjanya ;(5)peningkatan kemampuan guru untuk mengtasi stress,frutasi dan konflik pada gilirannya memperbesar rasa percaya pada dari sendiri;(6)tersedianya informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dalam rangka pertumbuhan masing-masing secara teknikal dan inteleKtual ;(7)meningkatkan kepuasan kerja ;(8)semakin besarnya pengakuan atas kemampuan seseorang; (9)makin besarnya tekad guru untuk lebih mandiri ;(10)mengurangi kekuatan menghadapi tugas-tugas baru dimasa depan .
Selanjutnya pada bagian lain Alan Cowling&Phillips James(1996;110)mengemukakan pula tentang apa yang disebut  learning orgazanizaton atau organisasi  yang mau belajar. dalam hal ini, organisasi diperlakukan sebagai sestem (suatu konsep yang akrab disebut systerms theory ) yang perlu menghadapi lingkungannya agar tetap hidup dan makmur.menurut pandangan ini sebuah organisasi akan mengembangkan suatu kemampuan untuk menanggapi perubahab-perubahan didalam lingkunganya, yang memastikan bahwa transformasi internal terus –menerus terjadi .
Dengan demikian, suatu organisasi atau sekolah yang mau belajar dapat dikatakan sebagaI suatu  organisasi yang memberikan kemudahan kepada anggotanya untuk melakukan proses belajar dan terus-menerus menguba dirinya sendiri. Salah satu wujud sekolah sebagai learning organization  adalah adanya kemauan belajar dari para guru untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya .dan salah satunya melalui kegiatan pelatihan. Dengan demikian,upaya belajar tidak hanya terjadi pada kalangan siswa semata.




Sumber :
http://sitimasriah.weebly.com/kuliah-fisika-smster-4makalah-pengertian-plpg
http://zainulmubtadiin.blogspot.co.id/2016/03/guru-kreatif-menghilangkan-kebuntuan.html
https://www.google.com/search?q=tech+teacher&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjngN6x8IHRAhXJtY8KHYIDBNkQ_AUICCgB&biw=1366&bih=657#tbm=isch&q=tech+teacher+social+media


Tidak ada komentar: