Halaman

Jumat, 16 Desember 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK TUGAS 6

Peran dan Fungsi Otak 
 Cara Berfikir Konvergen dan Divirgen
 


Otak kanan
Otak Kanan, merupakan tempat untuk perkembangan hal-hal yang bersifat artistik, kreativiti, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama music, imaginasi, fantasi, warna, pengenalan diri dan orang lain, hubungan sosial dan pengembangan keperibadian. Daya ingatan otak kanan adalah bersifat jangka panjang (long term memory).

Otak kiri
Otak kiri, pula berfungsi dalam hal mengingati ilmu, pengetahuan atau maklumat perbezaan, menyimpan data dan fakta, analisis, angka, urutan, tulisan, bahasa, kiraan dan memahami logik. Daya ingatan otak kiri adalah bersifat jangka pendek (short term memory).
otak kita dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Kedua struktur ini sangat kompleks, akan tetapi teori modern mengatakan bahwa masing-masing bagian ini berperan untuk berbagai macam jenis pemikiran. Sangat sulit untuk memisahkan struktur otak ini, akan tetapi percobaan telah menunjukkan bahwa satu sisi bagian otak memiliki jenis pemikiran tertentu yang lebih banyak dari pemikiran sisi bagian otak yang lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa masing-masing dari kita lebih menyukai satu mode pemikiran dari pada yang lain.

Menurut teori dominasi otak kiri atau otak kanan, masing-masing sisi otak mengontrol berbagai jenis pemikiran yang berbeda. Sebagai tambahan, teori tersebut mengemukakan bahwa seseorang akan lebih dominan menggunakan satu bagian otak dibandingkan bagian yang lain. Misalnya, seseorang yang berotak kiri sering dikatakan lebih logis, analitis dan obyektif, sementara orang yang berotak kanana dikatakan lebih intuitif, bijaksana dan subyektif.
Penelitian dikemudian hari telah menunjukkan bahwa otak hampir tidak dikotomis seperti yang pernah diperkirakan. Sebagai contoh, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kemampuan dalam mata pelajaran seperti matematika sebenarnya lebih kuat ketika kedua bagian otak bekerja sama.

Otak Kanan
Menurut teori dominasi otak kanan dan otak kiri, sisi kanan otak berfungsi terbaik jika digunakan pada tugas yang ekspresif dan keratif. Beberapa kemampuan yang populer terkait dengan sisi kanan otak meliputi:

  1.     Mengenali wajah
  2.     Mengekspresikan emosi
  3.     Musik dan selera seni
  4.     Membaca emosi
  5.     Warna
  6.     Gambar dan imajinasi
  7.     Penyatuan
  8.     Intuisi
  9.     Kreativitas
  10.     Subyektifitas
  11.     Mengontrol tubuh bagian kanan
  12.     Bentuk 3 dimensi

Otak Kiri
Sisi kiri otak di anggap mahir dalam tugas yang melibatkan logika, bahasa dan berpikir analitis. Otak kiri sering digambarkan lebih baik dalam:
  1.   Obyektifitas
  2.   Bahasa
  3.  Logika
  4.  Berbicara
  5.   Menulis
  6.  Berpikir kritis
  7.  Ketrampilan Angka-angka
  8.  Matematika/ketrampilan ilmiah
  9. Menganalisa
  10. Penalaran
  11. Mengontrol tubuh bagian kiri
  12. Pertimbangan
Menurut teori ini, otak kanan bertanggung jawab secara acak, intuitif, holistik, menyatukan dan pemikiran subyektif. Sementara otak kiri berperan untuk berfikir logika, skuensial, rasional, analitis dan obyektif. Kebanyakan individu memiliki preferensi berbeda dalam menggunakan salah satu gaya berfikir ini. Jadi seseorang mungkin lebih cenderung menggunakan otak kiri dan yang lain mungkin cenderung ke otak kanan. Didasarkan pada bagaimana mereka menggunakan otak kanan dan otak kiri untuk memecahkan masalah.
Fungsi otak kanan dan otak kiri manusia pada prinsipnya merupakan satu kesatuan fungsi. Akan tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa, jika otak kiri sedang aktif, maka otak kanan akan lebih tenang, demikian pula seabaliknya. Otak kanan dan otak kiri juga sebenarnya bekerja saling mendukung, sebagaimana pentingnya fungsi memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Dengan demikian, tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak kiri ataupun sebaliknya. Walaupun pada sebagian orang terkadang lebih dominan untuk menggunakan area otak tertentu. Penggunaan dominasi area otak tertentu inilah yang kemungkinan membedakan minat dan bakat antar individu.



Cara Berfikir Orang Dengan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan

    Menggunakan otak kanan: Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengendalikan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented.  Menggunakan Otak kiri: Orang yang lebih dominan mengguanakan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.


Latihan Merangsang Otak Kanan

 
Ada banyak kaedah yang boleh kita guna untuk latih budak-budak guna otak kanan. Tak semestinya kena hantar ke sekolah khas. Kat rumah pon boleh buat. Antara kaedah yang boleh kita guna untuk merangsang otak kanan adalah seperti berikut:
Ketika anak hendak tidur, bisikkan ke telinganya dengan sepenuh hati dan sejujurnya yang kita sayangkan mereka. Ketika hendak tidur atau dalam keadaan tidur ayam, otak kanan sedang bekerja manakala otak kiri tidur. Gerak kerja tangan adalah hasil daripada otak kanan. So, cuba ajar anak main tanah liat, cat air, melukis, gunting kertas dan seumpamanya. Kemudian, kemas balik barang-barang tu bersama mereka. Selain itu, boleh juga cuba lukis gambar, contohnya gambar rama-rama dengan hanya sebelah badan, kemudian minta anak sambung lukis mengikut apa yang dilukis di bahagian satu lagi. Jangan marah atau tengking anak sebab mereka boleh menyimpan semuanya dalam otak kiri. Jika ia dilakukan secara tidak sengaja, balik semula pada cara pertama dan minta maaf pada mereka dengan ikhlas. Coba bina daya imaginasi mereka dengan cara bercerita. Kemudian suruh mereka sambung cerita.Main teka-teki dengan anak. Letak satu barang dalam kotak, kemudian suruh anak teka barangan tersebut. Untuk permulaan, berikan mereka clue dengan menggambarkan jenis barang dalam kotak itu seperti memberitahu warna atau bunyi. Kaedah-kaedah ini kalau boleh jangan buat dalam tempoh yang terlalu lama sebab ianya mungkin membosankan. Buat selama setengah jam sehari pon dah cukup. Sambil2 belajar tu, dapat juga rapatkan lagi hubungan yang sihat antara ibu bapa dengan anak-anak, kan

Otak tengah

Otak tengah (mesencephalon) atau (midbrain) adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (inferior colliculi) dan penglihatan (superior colliculi). Otak tengah mengontrol berbagai fungsi penting seperti sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata. Beberapa bagian dari otak tengah yang disebut nukleus merah (red nucleus) dan substantia nigra berfungsi dalam mengontrol gerakan badan. Substantia nigra yang berwarna gelap berisi banyak neuron yang memproduksi dopamine. Pada umumnya, berkurangnya neuron di substantia nigra menyebabkan terjadinya penyakit parkinson. Otak tengah juga adalah bagian awal dari batang otak. Otak tersebut terdiri dari tectum dan tegmentum. Kedua bagian ini juga berfungsi dalam penglihatan, pendengaran, pergerakan mata, dan gerakan tubuh lainnya.Ada banyak fungsi dari otak tengah, termasuk pengaturan suhu tubuh, kontrol motorik, dan siklus tidur. Selain itu, otak tengah berpengaruh pendengaran, penglihatan, dan gairah. Wilayah penting ini bertanggung jawab untuk mengontrol semua tanggapan terkait dengan informasi sensorik dan mengatur tindakan tubuh untuk respon-respon. Sebagai contoh, jika tangan mengalami rasa sakit yang tajam, otak tengah memberitahu otak bahwa tangan perlu untuk menarik kembali.
Wilayah otak tengah adalah bagian dari sistem saraf pusat. Hal ini terletak dekat pusat otak, di bawah korteks serebral dan di atas wilayah otak belakang. Wilayah ini bergabung dengan sumsum tulang belakang dan otak bersama-sama dan sering disebut sebagai bagian dari batang otak terutama karena lokasinya. Fungsi otak tengah dicapai melalui korteks otak, otak kecil, dan substansia nigra. Input dikumpulkan dari lingkungan dan dikirim ke korteks serebral. Substansia nigra menggunakan masukan yang dikirim dari korteks serebral untuk mengatur gerakan secara sadar dan suasana hati. Sebuah jalur, yang disebut saluran rubrospinal, berjalan dari otak kecil ke pusat-pusat motorik bagian bawah otak dan mengirimkan masukan sebagai rute untuk sinyal gerakan sadar.
Karena fungsi otak tengah, itu diklasifikasikan sebagai yang paling maju dari daerah otak. Otak tengah itu sendiri, juga dikenal sebagai dengan mesencephalon, dibagi menjadi sub-bagian. Membentuk penutup dorsal otak tengah, tektum yang mengatur rangsangan pendengaran dan visual dan tanggapan. Sebuah bagian bawah, yang disebut tegmentum, menangani kontrol motorik, kesadaran, dan tanggapan otonom. Bagian lain, juga merupakan bagian dari ganglia basal, adalah substansia nigra yang mengontrol dan mengatur produksi dopamin dan input dan output dari ganglia basal. Ada empat divisi tektum, yang dikenal sebagai quadrigemina korpora. Divisi ini disebut colliculi dan merupakan bagian utama yang mengontrol informasi sensorik. Dua colliculi rendah menangani informasi pendengaran dan terletak di bawah colliculi superior. Kedua colliculi superior menangani informasi visual dan dapat ditemukan di bawah thalamus. Bersama-sama, empat divisi ini menyediakan fungsi kolektif otak tengah. Membentang dari saluran air otak ke substantia nigra, tegmentum mengandung bagian penting yang disebut nukleus merah. Bagian tertentu ini mengatur koordinasi gerakan, sederhana dan kompleks. Ini okulomotorius saraf yang hadir di daerah ini bertanggung jawab untuk gerakan mata dan penyempitan pupil


Otak Belakang 


Otak manusia mengontrol semua fungsi pikiran, memori, input sensorik dan fungsi tubuh vital. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa manusia hanya menggunakan sepuluh persen dari total kapasitas otak mereka, namun pada kenyataannya mayoritas kekuatan pemrosesan otak yang digunakan dalam otak belakang daripada otak yang bertanggung jawab untuk pikiran sadar dan pengambilan keputusan. Fungsi otak belakang menutupi naluri primitif dan fungsi tubuh vital seperti detak jantung, pernapasan dan pencernaan. Juga disebut dengan rhombencephelon, otak belakang terdiri dari pons, otak kecil dan medulla oblongata.
Sebagian besar fungsi otak belakang berputar di sekitar proses tubuh vital, dan diatur oleh medulla oblongata. Ini bagian dari otak terletak di dasar tengkorak tepat di atas tulang belakang dan di bawah otak kecil. Ini mengatur ekspansi dan kontraksi diafragma dan paru-paru. Fungsi jantung dan pelebaran / kontraksi pembuluh darah dengan bekerja sama dengan hipotalamus untuk memastikan homeostasis dipertahankan. Otak belakang juga mengontrol pencernaan disengaja dan refleks pernapasan seperti muntah, batuk, menelan dan bersin untuk mengusir debu dan partikel asing lainnya dari tubuh. Tepat di atas medulla oblongata adalah pons, yang bertindak sebagai link ke otak kecil. Gairah seksual, analisis sensorik dan kontrol motor terjadi di pons, input pendengaran khususnya pertama saling berhubungan erat dengan pons. Sensasi keseimbangan atau ketiadaan diatur oleh dua kantung berisi cairan, satu di setiap telinga bagian dalam. Salah satu fungsi yang paling penting dari pons adalah paralisis refleks tidur, melainkan mencegah gerakan saat tidur dan berhenti tidur sambil berjalan yang berpotensi berbahaya. Kiri dan kanan belahan otak juga terhubung melalui pons selain koneksi mereka melalui korpus kalosum. Fungsi lain dari otak belakang dikendalikan oleh otak kecil, porsi terbesar. Terutama, otak kecil bertanggung jawab untuk otot, koordinasi dan kontrol motorik halus, seperti gerakan jari. Di oksipital lobus dan selebihnya kerja otak dengan otak kecil untuk menyediakan manusia dengan keterampilan koordinasi tangan-mata. Emosi dan rangsangan fisik yang terkait seperti peningkatan denyut jantung berada di bawah kendali otak kecil, seperti memori jangka panjang dan jangka pendek.
Fungsi otak belakang yang mungkin karena permukaan keriput otak kecil. Semakin banyak kerutan atau lipatan yang ada pada otak kecil, semakin mengembangkan jaringan syaraf asosiasi tersebut. Meskipun neuron baru jarang dibuat setelah masa remaja, hubungan saraf baru terus-menerus terbentuk.

BERFIKIR KONVERGEN DAN DIVERGEN


BERFIKIR KONVERGEN

Berfikir konvergen lebih kepada berfikir secara spesifik, menjawab pertanyaan yang “ tertutup”. Orang yang berfikir konvergen menyukai pendekatan logika, berbasis pada hasil dan solusi. Orientasi penyelesaian masalah mereka adalah soal focus dan mengarah sangat kuat pada solusi dan hasil. Pemikiran ini benar-benar merupakan proses satu tahap yang berorientasi pada tindakan. Biasanya kaum adam yang paling banyak memiliki pola pikir konvergen. Keuntungan dari cara fikir konvergen adalah menghasilkan suatu solusi atau jawaban dalam kurun waktu yang relative singkat dan juga jawaban yang mengarah  pada hasil yang ingin dicapai. Cara berfikir konvergen ini sangat dihargai dalam dunia kerja dan dunia pendidikan , karena dalam dunia pendidikan dan dunia kerja kesesuaian dan focus dianggap penting. Hanya saja kelemahan dari pola pikir seperti ini yaitu relative menemukan solusi untuk jangka waktu yang pendek saja dan tidak melihat maupun menemukan masalah dari berbagai sudut dan alternative untuk jangka waktu yang lama.

 BERFIKIR DIVERGEN


Sebaliknya, cara berfikir divergenlebih menjawab pertanyaan terbuka, yang tidak jelas dan samar-samar, dikaitkan dengan eksplorasi dan kreativitas, dan bergerak menjauh. Pola berfikir divergen selalu bergerak, mengarah keluar, mencari sesuatu yang menarik disepanjang perjalanan. Mereka menyukai prosesnya dari pada hasil. Keuntungannya menggunakan para pemikir divergen yang baik adalah mereka sering sekali piawai dalam menghasilkan ide dan alternative. Menghasilkan alternative dari beberapa sudut pandang. Hanya saja pemikir divergen tidak begitu suka bekerja didalam system disiplin. Dan juga para pemikir divergen ini cenderung menghabiskan waktu lebih lama. Karena para pemikir divergen selalu menyukai prosesnya aau mencari sesuatu yang menarik disepanjang perjalan. Perjalanan atau keberangkatan bisa sangat menyenangkan, makanya para pemikir divergen selalu merasa frustasi atau terganggu apabila ada yang menghentikan  proses perjalanan mereka. Maka dari itu mereka tidak  memperhatikan seberapa banyak waktu yang mereka habiskan dalam melakukan proses tersebut.
            Sebetulnya kedua pola tersebuttidak dapat berbaur dengan baik. Kita harus bisa menentukan situasi seperti apa yang harus menggunakan pola fikir divergen maupun konvergen. Kedua pola pikir tersebut dapat dipelajari atau ditingkatkan pada usia berapapun juag. Sebab, ada sejumlah kecil orang brilian yang mengembangkan sebuah sinergi antara kedua cara berfikir tersebut yang digambarkan sebagai orang “ genius ” . orang-orang tersebut biasanya adalah wirausahawan intuitif, pemimpin innovator atau karismatik dengan visi besar. Jadi jika ingin digambarkan dimasa depan sebagai orang yang  genius, pelajari kedua pola berfikir ini , dan harus mampu menempatkan pada situasi yang tepat.


Daftar pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Otak_tengah
http://www.sridianti.com/fungsi-otak-tengah.html
http://blogkaunseling.smktanjungpengelih.edu.my/?p=223
 http://www.sridianti.com/apakah-fungsi-otak-belakang.html
http://shofiyasancharacterbuilding.blogspot.co.id/2015/05/gaya-berpikir-konvergen-dan-divergen.html

Tidak ada komentar: