Halaman

Selasa, 24 Maret 2015

TUGAS 5 PSIKOLOGI SENI SENIMAN, PENGRAJIN DAN DESAINER

 SENIMAN

Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik. Ahli sejarah seni dan kritikus seni mendefinisikan seniman sebagai seseorang yang menghasilkan seni dalam batas-batas yang diakui.
  
http://en.wikipedia.org/wiki/Artist
Etimologi

Wiktionary mendefinisikan seniman (artis) sebagai kata benda sebagai berikut:
  1. Seseorang yang membuat seni.
  1. Seseorang yang membuat seni sebagai sebuah pekerjaan.
  1. Seseorang yang terampil di beberapa kegiatan.
Jadi seorang artis pasti akan menghasilkan sebuah bentuk karya seni, yang bisa dinikmati oleh para penggemarnya, baik berupa seperti lukisan, musik, foto, film dan lainnya. Sedangkan penggunaan kata artis di Indonesia sering digunakan kepada setiap orang yang sering tampil di televisi untuk menghibur, kemudian disebut sebagai artis.
Terkadang seorang aktor atau aktris juga sering disebut sebagai artis (seniman), karena akting adalah bukan bagian dari seni, akting hanya diarahkan oleh sutradara yang telah membuat naskah dan storyboard. Menurut Morgan Freeman seorang aktor senior, pemeran Lucius Fox dalam film trology Batman karya Christopher Nolan, menyatakan bahwa akting adalah sebuah kerajinan atau sebuah bentuk penafsiran

Contoh seniman.

PENGRAJIN
http://www.jabarprov.go.id/jabar/files/Pengrajin%20Topeng%20indamayu.jpg
Pengrajin atau yang lebis sering disebut tukang, adalah orang yang membuat suatu yang masih erat hubungannya dengan seni rupa, namun berbeda dengan seniman, pengrajin biasanya mehasilkan alat alat fungsi yang kaitannya erat dengan rumah tangga, karya yang dibuat oleh seorang pengrajin biasanya memiliki fungsi yang lebih spesifik, dan diproduksi cukup banyak, dari karya yang dibuat oleh seniman. Seorang seniman, karyanya tentu hanya memiliki satu fungsi, yaitu sebagai penghias atau pajangan, yang mungkin dalam karya itu memiliki sebuah arti yang ingin diungkapkan oleh seniman tersebut, namun berbeda dengan pengrajin, seorang pengrajin hanya membuat alat alat atau karya yang pada umumnya selalu melekat dengan kehidupan manusia
http://www.anneahira.com/kerajinan-batik.htm

sehari hari, dan tidak memiliki arti tersendiri dalam karya yang dibuat oleh si pengrajin, contohnya batik, alat alat dapur, seperti gentong air, wadah nasi anyaman dsb. Pengrajin biasanya mengerjakan karyanya dengan cara dibagi-bagi dalam setiap tahapan, berbeda dengan seniman yang pada umumnya bekerja dengan total dalam setiap karyanya.seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang ia buat tanpa ada kendali dari siapapun. Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut. sedangkan pengrajin dikenalikan oleh si pemesan dan produk yang dihasilkan pada umumnya ditentukan oleh segment pasar.


DESAINER

http://www.becker.edu/news-events
Desainer adalah orang yang berkarya dengan segmentasi target dan tujuan tertentu yang diinginkan pasar, klien dan idealisme desainer itu sendiri. Seorang desainer tidak bisa sesuka hati membuat desain tanpa memperhatikan keinginan klien dan keinginan pasar.
desainer memang dibayar oleh orang yang membutuhkan desain grafis namun bukan berarti desainer adalah tukang, lalu apa perbedaan desainer dengan tukang? Diluar sana ada banyak orang yang menyediakan jasa desain grafis, ada yang mahal, ada yang murah, ada yang bagus, ada yang jelek, ada yang memerlukan proses lama dan yang sebentar. Namun bisa kah anda membedakan mana tukang? dan mana desainer yang menempuh pendididikan desain?
seorang desainer akan memberikan konsultasi kepada klien mengenai kebutuhan desain yang diminta, masing-masing memiliki visi yang jelas baik dari klien maupun desainer sehingga penggabungan aspek seni dan permintaan pasar akan menghasilkan karya yang baik, klien memiliki ekspektasi dari kebutuhannya sedang desainer memiliki visi dan idealisme akan seni itu sendiri.

Perbedaan Desainer dengan Seniman
  • Desainer (designer)
Berperan menganalisis, meneliti, menghitung, memperkirakan, menentukan, merencanakan, dan membuat benda (produk) berdasarkan asas pemenuhan berbagai fungsi hubungan (relasi) yang selaras antara benda (produk) yang direncanakannya, dengan manusia sebagai penggunanya.
Jadi designer who man to machine relation, man to machine interfacing (hubungan antara manusia dengan mesin). Selain itu dia juga harus mempertimbangkan dan memperkirakan berbagai hal yang berkaitan dengan dampak keberadaan produk tersebut secara fisik dan psikologis terhadap pengguna dan lingkungan sekitarnya. Contohnya seperti desainer produk (otomotif, home appliance, furniture, elektronik dan masih banyak lagi), desainer interior, desainer fashion, desainer grafis.
  • Seniman (artist)
Berperan menganalisis, meneliti, dan memberikan input berupa pertimbangan, solusi, bagi para desainer dan teknisi, sesuai dengan bidang ilmu dan seni yang dikuasainya.
Jadi artist who man to culture relation (hubungan antara manusia dengan kebudayaan). Contohnya seperti seni lukis, seni patung, seni tari, seni musik, teater, dan lain sebagainya.
seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang ia buat tanpa ada kendali dari siapapun. Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut.




Tidak ada komentar: