Halaman

Senin, 23 Februari 2015

Pengertian Psikologi Seni dan Definisi para Ahli (Psychology of art)


Psikologi Seni

Vincent van Gogh, 1853-1890, Wheatfield with Crows
Psikologi seni adalah bidang interdisipliner yang mempelajari persepsi, kognisi dan karakteristik seni dan produksi. Psikologi seni berhubungan dengan psikologi arsitektur dan psikologi lingkungan.Pembahasan tentang hubungan antara psikologi dan seni, telah memunculkan sebuah disiplin yang disebut psikologi seni (psychology of art).



Sejarah  

1880-1950
Salah satu yang paling awal untuk mengintegrasikan psikologi dengan sejarah seni adalah Heinrich Wölfflin (1864-1945), seorang kritikus seni dan sejarawan Swiss, yang disertasi Muqaddimah zu einer der Psychologie Arsitektur (1886) berusaha menunjukkan arsitektur yang dapat dipahami dari murni psikologis ( sebagai lawan dari sejarah-progresif) sudut pandang.

Tokoh penting lainnya dalam perkembangan seni psikologi adalah Wilhelm Worringer, yang memberikan beberapa pembenaran teoritis awal untuk seni ekspresionis. The Psychology of Art (1925) oleh Lev Vygotsky (1896-1934) adalah karya klasik lain.

Sejumlah seniman di abad kedua puluh mulai dipengaruhi oleh argumen psikologis, termasuk Naum Gabo, Paul Klee, Wassily Kandinsky, dan Josef Albers dan György Kepes. Perancis petualang dan Film teori André Malraux juga tertarik dengan topik dan menulis buku La Psychologie de l'Art (1947-9) kemudian direvisi dan diterbitkan sebagai The Voices of Silence.

1950-Sekarang

Meskipun dasar-dasar disiplin seni psikologi pertama kali dikembangkan di Jerman, kemudian mulai muncul pendapat-pendapat , dalam psikologi, seni atau filsafat, mengejar varian mereka sendiri di Uni Soviet, Inggris (Clive Bell dan Herbert Baca), Perancis (André Malraux, Jean -Paul Weber, misalnya), dan Amerika Serikat.

Di AS, tempat filosofis seni psikologi diperkuat - dan diberikan valensi politik -. Dalam karya John Dewey
'Art-Nya sebagai pengalaman diterbitkan pada tahun 1934, dan merupakan dasar untuk revisi yang signifikan dalam praktek pengajaran baik di TK atau universitas. Manuel Barkan, Kepala Pendidikan Kesenian School of Fine Arts dan Terapan di Ohio State University, dan salah satu dari banyak pedagoges dipengaruhi oleh tulisan-tulisan Dewey, menjelaskan, misalnya, dalam bukunya, The Foundations of Art Education (1955), bahwa pendidikan estetika anak mempersiapkan anak untuk hidup dalam demokrasi yang kompleks. Dewey sendiri memainkan peran mani dalam mendirikan program Yayasan Barnes di Philadelphia, yang menjadi terkenal karena upayanya untuk mengintegrasikan seni ke dalam pengalaman kelas.
 
Pertumbuhan seni psikologi antara tahun 1950 dan 1970 juga bertepatan dengan ekspansi sejarah seni dan program museum. Popularitas Gestalt psikologi pada tahun 1950 menambahkan berat badan lebih lanjut untuk disiplin. Karya  Gestalt Therapy: Excitement and Growth in the Human Personality (1951), yang co-ditulis oleh Fritz Perls, Paul Goodman, dan Ralph Hefferline. Tulisan-tulisan Rudolf Arnheim (lahir 1904) juga sangat berpengaruh selama periode ini. Nya Menuju Psikologi Seni (Berkeley: University of California Press) diterbitkan pada tahun 1966. Terapi Seni menarik banyak pelajaran seni psikologi dan mencoba untuk menerapkannya dalam konteks perbaikan ego Pemasaran juga mulai menggambar. pada pelajaran seni psikologi dalam tata letak toko serta dalam penempatan dan desain barang-barang komersial.

Psikologi seni, secara umum, adalah bertentangan dengan prinsip-prinsip psikoanalisis Freudian dengan banyak psikolog seni mengkritisi, apa yang mereka ditafsirkan sebagai, aliran reduktifitas
nya Sigmund Freud percaya bahwa proses kreatif adalah sebuah alternatif untuk neurosis. Dia merasa bahwa ia kemungkinan semacam mekanisme pertahanan terhadap efek negatif dari neurosis, cara untuk menerjemahkan energi itu menjadi sesuatu yang dapat diterima secara sosial, yang bisa menghibur dan menyenangkan orang lain. Tulisan-tulisan Carl Jung, bagaimanapun, memiliki menguntungkan penerimaan antara psikolog seni yang diberikan-Nya gambaran optimis tentang peran seni dan keyakinannya bahwa isi dari ketidaksadaran pribadi dan, lebih khusus, ketidaksadaran kolektif, dapat diakses oleh seni dan bentuk-bentuk ekspresi budaya.

Pada 1970-an, sentralitas seni psikologi di akademi mulai berkurang. Seniman
menjadi lebih tertarik dalam psikoanalisis,  feminisme, dan arsitek dalam fenomenologi dan tulisan-tulisan Wittgenstein, Lyotard, dan Derrida. Adapun seni dan sejarawan arsitektur, mereka mengkritik psikologi karena anti-kontekstual dan budaya naif. Erwin Panofsky, yang memiliki dampak yang luar biasa pada bentuk sejarah seni di AS, berpendapat bahwa sejarawan harus fokus kurang pada apa yang dilihat dan lebih pada apa yang dianggap.  Hari ini, psikologi masih memainkan peran penting dalam wacana seni rupa, meskipun terutama di bidang apresiasi seni.

Karena meningkatnya minat dalam kepribadian teori-terutama sehubungan dengan karya Isabel Briggs Myers dan Katherine Briggs, Developers of the Myers-Briggs Type Indicator
(pengembang Type Indicator Myers-Briggs) , ahli teori kontemporer sedang menyelidiki hubungan antara tipe kepribadian dan seni. Patricia Dinkelaker dan John Fudjack telah membahas hubungan antara tipe kepribadian seniman dan karya seni; pendekatan untuk seni sebagai refleksi dari preferensi fungsional yang berhubungan dengan tipe kepribadian  dan fungsi seni dalam masyarakat dalam terang teori kepribadian.


Pengalaman estetika

Seni dianggap bidang subjektif, di mana menyusun dan memandang karya seni dengan cara yang unik yang mencerminkan pengalaman seseorang, pengetahuan, preferensi, dan emosi. Pengalaman estetika meliputi hubungan antara penampil dan obyek seni. Dalam hal artis, ada keterikatan emosional yang mendorong fokus seni. Seorang seniman harus benar-benar di-tune dengan objek seni untuk memperkaya penciptaannya. Sebagai karya seni berlangsung selama proses kreatif, begitu juga Seniman.  Keduanya tumbuh dan berubah untuk memperoleh makna baru. Jika seniman terlalu emosional atau kurang kompatibilitas emosional dengan sebuah karya seni, maka ini akan berdampak pada produk jadi negatif.  Menurut Bosanquet (1892), Aesthetic attitude (sikap estetika) adalah penting dalam melihat seni karena memungkinkan seseorang untuk mempertimbangkan suatu objek dengan bunga siap untuk melihat apa itu menunjukkan. Namun, seni tidak menimbulkan pengalaman estetik kecuali penampil bersedia dan terbuka untuk itu. Tidak peduli seberapa menarik objek adalah, terserah kepada yang melihatnya untuk memungkinkan adanya pengalaman seperti itu. 

Di mata psikolog Gestalt Rudolf Arnheim, pengalaman estetika seni menekankan hubungan antara seluruh objek dan bagian individu. Ia dikenal luas untuk fokus pada pengalaman dan interpretasi karya seni, dan bagaimana mereka memberikan wawasan ke dalam kehidupan masyarakat. Ia kurang peduli dengan konteks budaya dan sosial dari pengalaman menciptakan dan melihat karya seni. Di matanya, sebuah objek secara keseluruhan dianggap kurang pengawasan dan kritik dari pertimbangan aspek tertentu dari entitas tersebut. Karya seni mencerminkan seseorang "Pengalaman hidup" dari / hidupnya. Arnheim percaya bahwa semua proses psikologis memiliki kognitif, emosional, dan motivasi kualitas, yang tercermin dalam komposisi setiap seniman 


Penelitian psikologis

Psikolog kognitif mempertimbangkan baik "bottom-up" dan "top-down" pengolahan ketika mempertimbangkan hampir semua bidang penelitian, termasuk visi. Mirip dengan bagaimana istilah ini digunakan dalam desain perangkat lunak, "bottom- up "mengacu pada bagaimana informasi dalam stimulus diproses oleh sistem visual ke warna, bentuk, pola, dan lain-lain Top-down "mengacu pada pengetahuan konseptual dan pengalaman masa lalu individu tertentu faktor bottom-up diidentifikasi dalam bagaimana seni dihargai termasuk abstrak vs lukisan figuratif, bentuk, kompleksitas, simetri dan keseimbangan komposisi, lateralitas dan gerakan. pengaruh Top-down diidentifikasi sebagai terkait dengan apresiasi seni termasuk prototypicality, kebaruan , informasi tambahan seperti judul, dan keahlian.  

Abstrak dibandingkan seni figuratif
Lukisan abstrak yang unik dalam meninggalkan eksplisit niat representasional. figuratif atau seni representasional digambarkan sebagai ambigu atau membutuhkan interpretasi ringan.

Pengertian 
Sangat Populer membenci seni abstrak yang merupakan konsekuensi langsung dari ambiguitas semantik. Para peneliti telah meneliti peran terror management theory (TMT) tentang makna dan pengalaman estetis abstrak dibandingkan seni figuratif. Teori ini menunjukkan bahwa manusia, seperti semua bentuk kehidupan secara biologis berorientasi pada kelangsungan hidup terus tetapi unik menyadari bahwa kehidupan mereka pasti akan berakhir. TMT mengungkapkan bahwa seni modern sering tidak disukai karena kekurangan makna yang cukup, dan dengan demikian tidak sesuai dengan yang mendasari motif manajemen teror untuk mempertahankan konsepsi yang berarti realitas. Kematian arti-penting, atau pengetahuan mendekati kematian, dimanipulasi dalam sebuah penelitian bertujuan untuk meneliti bagaimana preferensi estetika seni tampaknya bermakna dan berarti dipengaruhi oleh isyarat kematian. Kondisi arti-penting kematian terdiri dari dua pertanyaan berakhir terbuka tentang emosi dan rincian fisik mengenai kematian peserta sendiri. Peserta kemudian diminta untuk melihat dua lukisan abstrak dan tingkat seberapa menarik mereka menemukan mereka. Sebuah uji t membandingkan kondisi arti-penting kematian dan kontrol menemukan bahwa peserta dalam kondisi arti-penting kematian menemukan seni kurang menarik.  
                                                          Abstract vs Figurative art

Abstract




Figurative




Model arti pemeliharaan sosiologi menyatakan bahwa ketika makna kerangka berkomitmen terancam, orang mengalami keadaan gairah yang mendorong mereka untuk menegaskan kerangka makna lain yang mereka lakukan. Para peneliti berusaha untuk menggambarkan fenomena ini dengan menunjukkan suatu tinggi pribadi perlu untuk struktur sebagai berikut pengalaman karya seni abstrak.  Peserta secara acak ditugaskan untuk antara-subyek melihat karya seni (abstrak vs representasi vs karya seni masuk akal), diikuti dengan alokasi Kebutuhan Pribadi untuk skala Struktur. Kebutuhan pribadi untuk skala Struktur digunakan untuk mendeteksi peningkatan sementara kebutuhan masyarakat akan makna. Secara teoritis, seseorang harus mengalami lebih banyak kebutuhan struktur saat melihat seni abstrak dari seni figuratif karena ancaman arti tidak berhubungan (seni abstrak) membangkitkan kebutuhan umum sementara tinggi makna,  Namun, hasil penelitian menunjukkan, bahwa skor keseluruhan untuk seni representasional, dan seni abstrak tidak berbeda secara signifikan dari satu sama lain. Peserta melaporkan skor yang lebih tinggi pada Kebutuhan Pribadi untuk skala Struktur dalam masuk akal daripada seni abstrak. Namun, pertanyaannya tetap apakah jenis yang sama hasilnya akan diperoleh dengan sampel diperluas abstrak ekspresionis atau gambar tidak masuk akal. 

Kompleksitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika melihat seni abstrak, orang lebih suka kompleksitas dalam bekerja sampai batas tertentu. Ketika mengukur "interestingness" dan "pleasingness," pengamat seni dinilai bekerja lebih tinggi untuk karya-karya abstrak yang lebih kompleks. Dengan paparan ditambahkan ke pekerjaan abstrak, menyukai peringkat terus meningkat dengan baik kompleksitas subjektif (viewer dinilai) dan dinilai kompleksitas (artis dinilai). Ini hanya berlaku sampai titik tertentu. Ketika bekerja menjadi terlalu rumit, orang-orang mulai kurang tekun dalam berkarya.
Neural evidence
Bukti neuroanatomical dari penelitian menggunakan fMRI scan menunjukkan preferensi estetika yang lukisan representasional lebih disukai daripada lukisan abstrak. Hal ini ditampilkan melalui aktivasi yang signifikan dari daerah otak yang berhubungan dengan peringkat preferensi. Untuk menguji ini, para peneliti telah peserta melihat lukisan yang bervariasi sesuai dengan jenis (representasional vs abstrak) dan format (original vs diubah vs disaring). Hasil perilaku menunjukkan preferensi yang lebih tinggi untuk lukisan representasional. Sebuah korelasi positif ada antara peringkat preferensi dan respon latency. Hasil FMRI mengungkapkan bahwa aktivitas di berekor inti yang tepat untuk memperluas putamen menurun dalam menanggapi penurunan preferensi untuk lukisan, sementara aktivitas di sulkus cingulate kiri, gyri bilateral occipital, fusiform gyri bilateral, fusiform kanan gyrus, dan cerebellum bilateral meningkat sebagai respons terhadap meningkatnya preferensi untuk lukisan.  perbedaan yang diamati adalah refleksi dari yang relatif meningkat aktivasi terkaitdengan preferensi yang lebih tinggi untuk lukisan representasional.
Studi gelombang otak juga telah dilakukan untuk melihat bagaimana seniman dan non-seniman bereaksi dengan cara yang berbeda untuk seni abstrak dan representasional. Scan otak EEG menunjukkan bahwa saat melihat seni abstrak, non-seniman menunjukkan gairah kurang dari seniman. Namun, saat melihat seni figuratif, kedua seniman dan non-seniman memiliki gairah yang sebanding dan kemampuan untuk memperhatikan dan mengevaluasi rangsangan seni. Hal ini menunjukkan seni abstrak membutuhkan keahlian lebih untuk menghargai daripada seni figuratif.   

Personality type 
Ciri-ciri kepribadian individu juga terkait dengan pengalaman estetis dan preferensi seni. Individu kronis dibuang untuk membersihkan, sederhana, dan pengetahuan jelas mengungkapkan pengalaman estetika sangat negatif terhadap seni abstrak, karena kekosongan konten yang bermakna. Penelitian telah membuktikan bahwa pilihan seseorang seni bisa menjadi ukuran yang berguna kepribadian. ciri-ciri kepribadian individu yang terkait dengan pengalaman estetis dan preferensi seni. Tes kepribadian setelah melihat seni abstrak dan representasi dilakukan pada Lima Faktor NEO Inventarisasi yang mengukur "lima besar" faktor kepribadian. Ketika referensi "Big Five" dimensi kepribadian, Thrill dan Petualangan mencari berkorelasi positif dengan keinginan seni representasional, sedangkan Disinhibition dikaitkan dengan penilaian positif dari seni abstrak. Neurotisme berkorelasi positif dengan penilaian positif dari seni abstrak, sementara Conscientiousness dikaitkan dengan keinginan seni representasional. Keterbukaan terhadap Pengalaman dikaitkan dengan peringkat positif seni abstrak dan representasi. 

Automatic evaluation
Studi melihat implisit, evaluasi otomatis karya seni telah menyelidiki bagaimana orang bereaksi terhadap karya seni abstrak dan figuratif dalam sepersekian detik sebelum mereka punya waktu untuk berpikir tentang hal itu. Dalam evaluasi implisit, orang bereaksi lebih positif terhadap seni figuratif, di mana mereka setidaknya bisa melihat bentuk. Dalam hal evaluasi eksplisit, ketika orang harus berpikir tentang seni, tidak ada perbedaan yang nyata dalam penilaian antara seni abstrak dan representasi.

Lateralitas dan gerakan

Lateralitas dan gerakan dalam seni rupa meliputi aspek-aspek seperti bunga, berat badan, dan keseimbangan. Banyak penelitian telah dilakukan mengenai dampak wenangan dan membaca arah tentang bagaimana seseorang mempersepsi sebuah karya seni. Penelitian telah dilakukan untuk menentukan apakah spesialisasi atau membaca kebiasaan belahan otak mempengaruhi arah di mana peserta "membaca" sebuah lukisan. Hasil menunjukkan bahwa kedua faktor yang berkontribusi terhadap proses. Selain itu, spesialisasi belahan otak menyebabkan individu untuk membaca dari kiri ke kanan, memberikan para pembaca keuntungan.  Bangunan off dari temuan ini, peneliti lain mempelajari gagasan bahwa individu-individu yang terbiasa membaca arah tertentu (kanan ke kiri, dibandingkan kiri ke kanan) maka akan menampilkan bias dalam gambar representasional mereka sendiri yang mencerminkan arah kebiasaan membaca mereka. Hasil menunjukkan bahwa prediksi ini terbukti benar, dalam gambar peserta tercermin Bias membaca mereka.

Para peneliti juga melihat untuk melihat apakah seseorang arah membaca, kiri ke kanan atau kanan ke kiri mempengaruhi preferensi seseorang untuk baik kiri ke kanan atau directionality hak untuk directionality tersisa di gambar. Peserta ditunjukkan gambar serta bayangannya, dan diminta untuk menunjukkan yang mereka temukan lebih estetis. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa membaca directionality dampak seseorang seseorang preferensi untuk gambar baik dengan kiri ke directionality kanan atau kanan ke kiri directionality.

Dalam studi lain, peneliti meneliti apakah bias sisi kanan dalam preferensi estetika dipengaruhi oleh wenangan atau membaca / menulis kebiasaan. Para peneliti melihat pembaca Rusia, pembaca Arab, dan pembaca Ibrani yang tangan kanan dan non-tangan kanan. Peserta melihat gambar yang diambil dari buku-buku seni yang profil atau wajah manusia dan tubuh dalam dua blok. Gambar yang ditampilkan kepada peserta sebagai ke dalam atau ke luar menghadapi pasangan dan kemudian dalam orientasi yang berlawanan. Setelah melihat masing-masing pasangan, peserta diminta gambar mana dari pasangan yang lebih estetis. Ketika melihat hasil untuk wenangan, peserta kidal memiliki "preferensi kiri" dan peserta non tangan kanan memiliki "preferensi yang tepat." Hasil ini menunjukkan bahwa "preferensi estetika untuk profil wajah dan tubuh berhubungan terutama dengan diarahkan pada bacaan yang diperoleh / menulis kebiasaan. "[27] Membaca arah tampaknya berdampak pada bagaimana orang-orang dari segala usia melihat karya seni. Menggunakan TK sampai perguruan tinggi peserta berusia, peneliti menguji preferensi estetika penonton ketika membandingkan karya asli seni dengan bayangannya. Lukisan-lukisan asli diikuti konvensi bahwa pemirsa "membaca" lukisan dari kiri ke kanan, sehingga pola cahaya diarahkan penonton untuk melihat lukisan dengan cara yang sama Temuan menunjukkan bahwa peserta lebih memilih lukisan asli, kemungkinan besar karena gaya barat melihat lukisan. dari kiri ke kanan.
 
Arah pencahayaan

Arah pencahayaan ditempatkan pada lukisan juga tampaknya memiliki efek pada preferensi estetika. bias cahaya adalah kecenderungan untuk pemirsa untuk memilih karya seni yang menyala dengan pencahayaan yang datang dari sisi kiri lukisan itu. Para peneliti memperkirakan bahwa peserta akan lebih memilih karya seni yang menyala dari sisi kiri dan ketika diberi pilihan, mereka akan memilih untuk menempatkan lampu di sisi kiri atas sebuah karya seni. Peserta menemukan lukisan dengan pencahayaan di sebelah kiri menjadi lebih estetis daripada ketika itu lebih ringan di sisi kanan dan ketika diberi kesempatan untuk menciptakan cahaya pada lukisan yang sudah ada. 

Kiri dan kanan Bias pipi
 
Bias pipi kiri terjadi ketika pemirsa lebih memilih potret dengan subjek menampilkan pipi kiri mereka, sementara mereka yang memegang bias pipi kanan lebih potret menampilkan pipi kanan. Penelitian telah menemukan hasil yang beragam mengenai bias pipi kiri dan bias pipi kanan. Peserta laki-laki dan perempuan menunjukkan potret laki-laki dan perempuan, masing-masing menampilkan jumlah yang sama posisi pipi kiri atau kanan. Peserta ditunjukkan setiap potret orientasi aslinya dan dalam orientasi terbalik dan bertanya yang potret mereka lebih suka lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memilih potret menampilkan pipi kanan subjek atas kiri.  Studi lain dieksplorasi yang orientasi berpose disampaikan pesan tertentu. Para ilmuwan di abad ke-18  Lebih sering ditampilkan bias pipi kanan, dan dinilai sebagai "lebih ilmiah." Menurut para peneliti, menunjukkan pipi kanan seseorang menyembunyikan emosi, sedangkan pipi kiri mengungkapkan itu. Pergeseran dari kanan ke kiri pipi Bias abad ke-18 pasca dapat mewakili karakteristik wajah yang lebih pribadi atau terbuka. 

Kompleksitas


Kompleksitas benar-benar dapat didefinisikan sebagai yang "terdiri dari sejumlah besar bagian-bagian yang memiliki banyak interaksi." Definisi ini telah diterapkan untuk berbagai mata pelajaran, seperti seni, musik, tari, dan sastra. Dalam penelitian estetika, kompleksitas telah dibagi menjadi tiga dimensi yang menjelaskan interaksi antara jumlah elemen, perbedaan unsur, dan pola dalam pengaturan mereka. Selain itu, karakteristik ini dalam estetika terdiri dari spektrum yang luas, mulai dari kompleksitas rendah kompleksitas yang tinggi. Studi telah menemukan kunci melalui respon kulit Galvanic yang lebih kompleks karya seni menghasilkan gairah fisiologis yang lebih besar dan peringkat hedonis yang lebih tinggi, yang konsisten dengan temuan lain yang mengklaim bahwa estetika keinginan meningkat dengan kompleksitas. Yang paling penting, beberapa studi telah menemukan bahwa ada hubungan U-bentuk antara preferensi estetika dan kompleksitas. 

Mengukur kompleksitas

Secara umum, kompleksitas adalah sesuatu yang memiliki banyak bagian dalam kemajuan yang rumit. Beberapa peneliti memecah kompleksitas menjadi dua subparts yang berbeda: kompleksitas obyektif dan kompleksitas yang dirasakan. Kompleksitas tujuan adalah bagian dari seni yang bisa dimanipulasi. Untuk seni rupa yang mungkin ukuran bentuk, jumlah patters, atau jumlah warna yang digunakan. Untuk seni akustik yang dapat mencakup durasi, kenyaringan, jumlah harmoni yang berbeda, sejumlah perubahan dalam aktivitas berirama, dan tingkat aktivitas berirama.  Bentuk lain dari kompleksitas yang dirasakan kompleksitas, atau kompleksitas subjektif. Dalam bentuk ini setiap individu tarif obyek pada kompleksitas yang mereka anggap. Oleh karena itu, kompleksitas subjektif mungkin menggambarkan pandangan kita tentang kompleksitas yang lebih akurat, namun ukuran dapat berubah dari orang ke orang.

Salah satu bentuk menggunakan teknologi komputer untuk menilai kompleksitas, adalah dengan menggunakan kecerdasan komputer ketika rating gambar. Dalam format ini, jumlah komputer yang digunakan intelijen dinilai saat membuat gambar digital. Kecerdasan komputer dinilai dengan merekam rumus matematika yang digunakan dalam menciptakan gambar. Keterlibatan manusia, menambahkan atau menghilangkan aspek gambar, juga bisa menambah atau mengambil dari kompleksitas gambar.

Salah satu cara untuk mengukur kompleksitas adalah untuk memanipulasi karya asli mengandung berbagai tingkat kepadatan. Proses ini dilakukan dengan mengurangi dan menambahkan piksel untuk mengubah kepadatan lukisan hitam dan putih. Teknik ini memungkinkan peneliti untuk menggunakan karya seni otentik, bukan menciptakan versi buatan karya seni, untuk mengontrol rangsangan.

Yang lain merasa terbaik untuk mengukur kompleksitas berdasarkan jumlah bagian karya seni memiliki. Lebih aspek seni, seperti warna yang lebih, detail, bentuk, benda, suara, melodi, dan sejenisnya, membuat lebih kompleks karya seni. Namun, ada penelitian yang terbatas dilakukan pada perbandingan antara bagian kompleksitas berbasis dan persepsi manusia kompleksitas, sehingga tidak jelas apakah orang melihat gambar dengan lebih banyak bagian sebagai lebih kompleks.
 
Inverse U-Shape hipotesis Terbalik-U Grafik. 

 

The Inverted U-Shape Hipotesis menunjukkan bahwa tanggapan estetika dalam kaitannya dengan kompleksitas akan menunjukkan distribusi terbalik-bentuk. Dengan kata lain, peringkat terendah dalam tanggapan estetika berkorelasi dengan tingkat tinggi dan rendah kompleksitas, yang menampilkan "menghindari ekstrem." Selain itu, tingkat tertinggi respon estetika terjadi di tingkat menengah kompleksitas. Penelitian sebelumnya telah menegaskan hipotesis U-Shape (lihat Inverted U-grafik gambar). Misalnya, dalam sebuah studi dari peringkat mahasiswa 'sesuai dengan keinginan dan kompleksitas musik pop kontemporer melaporkan terbalik hubungan U-bentuk antara keinginan dan kompleksitas.

Penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa kecenderungan ini kompleksitas juga dapat dikaitkan dengan kemampuan untuk memahami, di mana obserevers lebih karya seni yang tidak terlalu mudah atau terlalu sulit untuk dipahami. Lain penelitian kedua menegaskan dan disconfirms prediksi yang menyatakan bahwa karakteristik individu seperti keahlian artistik dan pelatihan dapat menghasilkan pergeseran terbalik distribusi U-bentuk. 

Aspek seni

Seni rupa

Sebuah kecenderungan umum menunjukkan bahwa hubungan antara kompleksitas gambar dan peringkat kenikmatan membentuk terbalik-bentuk U grafik (lihat bagian Keahlian untuk pengecualian). Ini berarti bahwa orang-orang seperti semakin seperti seni seperti pergi dari yang sangat sederhana sampai yang lebih kompleks, sampai puncak, ketika peringkat kenikmatan yang jatuh lagi.

Sebuah studi baru-baru ini juga telah menemukan bahwa kita cenderung untuk menilai lingkungan alam dan gambar lanskap sebagai yang lebih kompleks, maka menyukai mereka lebih dari gambar abstrak yang kita menilai kurang kompleks.

Musik Musik

Musik menunjukkan kecenderungan yang sama dalam kompleksitas vs peringkat preferensi seperti halnya seni rupa. Ketika membandingkan musik populer, untuk periode waktu, dan dirasakan peringkat kompleksitas dikenal terbalik-U hubungan bentuk muncul, menunjukkan bahwa umumnya kita suka musik cukup kompleks yang paling. Sebagai pilihan musik akan lebih atau kurang kompleks, preferensi untuk musik yang dips. Orang-orang yang memiliki lebih banyak pengalaman dan pelatihan dalam musik populer, bagaimanapun, lebih suka musik yang sedikit lebih kompleks.  terbalik-U grafik bergeser The ke kanan untuk orang-orang dengan latar belakang musik yang lebih kuat. Pola yang sama dapat dilihat untuk jazz dan musik bluegrass. Mereka dengan pelatihan musik terbatas jazz dan bluegrass menunjukkan khas terbalik-U ketika melihat kompleksitas dan preferensi, bagaimanapun, para ahli di bidang tersebut tidak menunjukkan pola yang sama. Berbeda dengan ahli musik populer, jazz dan bluegrass ahli tidak menunjukkan hubungan yang jelas antara kompleksitas dan kenikmatan. Para ahli dalam dua genre musik tampaknya seperti apa yang mereka suka, tanpa formula untuk menggambarkan perilaku mereka. Karena gaya musik yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada preferensi bagi para ahli, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menarik kesimpulan untuk kompleksitas dan preferensi peringkat untuk gaya lainnya.

Tari

Studi psikologis telah menunjukkan bahwa kesukaan hedonis pertunjukan tari dapat dipengaruhi oleh kompleksitas. Salah satu eksperimen yang digunakan dua belas koreografi tari yang terdiri dari tiga tingkat kompleksitas yang dilakukan di empat tempo yang berbeda. Kompleksitas dalam urutan tari diciptakan memvariasikan urutan enam pola pergerakan (yaitu lingkaran searah jarum jam, lingkaran berlawanan, dan tahap pendekatan). Secara keseluruhan, ini diteliti menunjukkan bahwa pengamat lebih memilih koreografi dengan urutan tarian rumit dan tempo yang lebih cepat. 

Personal differences
Telah ditemukan bahwa perbedaan kepribadian dan perbedaan demografis dapat menyebabkan preferensi seni yang berbeda juga. Satu studi yang diuji preferensi masyarakat pada berbagai karya seni, dengan mempertimbangkan preferensi pribadi mereka juga. Studi ini menemukan bahwa perbedaan gender ada dalam preferensi seni. Wanita umumnya lebih bahagia, penuh warna, dan sederhana lukisan sedangkan laki-laki umumnya lebih geometris, sedih, dan kompleks lukisan. Perbedaan usia dalam preferensi kompleksitas ada juga, di mana preferensi untuk lukisan yang kompleks meningkat dengan meningkatnya usia.

Ciri-ciri kepribadian tertentu juga dapat memprediksi hubungan antara kompleksitas seni dan preferensi. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki skor tinggi pada kesadaran menyukai lukisan kompleks kurang dari orang yang mencetak rendah pada kesadaran. Hal ini jatuh sejalan dengan gagasan bahwa orang-orang yang teliti tidak suka bimbang dan menikmati kontrol, sehingga tidak menyukai karya seni yang mungkin mengancam perasaan seperti itu. Di sisi lain orang yang mencetak sangat keterbukaan pengalaman menyukai karya-karya seni yang kompleks lebih dari mereka yang tidak mencapai nilai tinggi pada keterbukaan terhadap pengalaman. Perbedaan individu adalah prediktor yang lebih baik untuk preferensi seni kompleks daripada seni sederhana, di mana tidak ada ciri-ciri kepribadian yang jelas memprediksi preferensi untuk seni sederhana. Meskipun tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan langsung dengan kompleksitas, tingkat pendidikan yang lebih tinggi menyebabkan kunjungan museum lagi yang pada gilirannya menyebabkan apresiasi lebih seni yang kompleks.  Hal ini menunjukkan bahwa lebih mengekspos seni yang kompleks menyebabkan preferensi yang lebih besar, di mana memang keakraban menyebabkan keinginan yang lebih besar.

Symmetry
Simetri dan keindahan memiliki link biologis yang kuat yang mempengaruhi preferensi estetika. Telah terbukti bahwa manusia cenderung memilih seni yang mengandung simetri, yang menganggap itu lebih indah.Selain itu, simetri langsung berkorelasi dengan pemahaman wajah atau karya seni seindah. Semakin besar simetri dalam pekerjaan atau wajah, umumnya lebih indah tampaknya menjadi. Penelitian pada preferensi estetika untuk bentuk-bentuk geometris dan pengolahan fasih simetri menyoroti peran yang simetri bermain dalam penilaian estetika keseluruhan dan pengalaman.

Manusia bawaan cenderung melihat dan memiliki preferensi visual untuk simetri, kualitas diidentifikasi menghasilkan pengalaman estetis yang positif yang menggunakan faktor bottom-up otomatis.Faktor bottom-up ini berspekulasi mengandalkan pengalaman dan pemrosesan visual belajar di . Banyak penelitian telah berkelana otak, menunjukkan secara biologis untuk menjelaskan preferensi bawaan untuk simetri dengan metode termasuk Asosiasi Uji Implisit (IAT)  Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat memilih simetri karena mudah untuk proses; maka kita memiliki kefasihan persepsi yang lebih tinggi ketika bekerja simetris Kefasihan penelitian mengacu pada bukti dari manusia dan hewan yang menunjukkan pentingnya simetri terlepas dari kebutuhan biologis..


Tidak ada komentar: